Konsep Dasar Desain Ruang Kantor yang Dukung Efektivitas Bekerja
Written by: elikaangeline
Berkerja sebagai karyawan tentu mengharuskan mereka untuk berada di dalam kantor dalam kurun waktu yang panjang. Hal ini membuat kantor menjadi area yang perlu didesain secara tepat dan tentunya dapat menunjang aktivitas di dalamnya. Suasana, desain dan tata letak sebuah ruang kantor juga dapat mempengaruhi performa dan kreatifitas yang akan dihasilkan oleh anggotanya. Selain itu, desain yang tepat juga akan mempengaruhi pemanfaatan area secara bijak sehingga memaksimalkan fungsi setiap ruang tanpa ada area yang terbuang percuma.
Jika saat ini Anda sedang mencari inspirasi bagaimana cara menentukan desain atau tata letak ruang kantor Anda, ini dia 4 hal utama yang penting untuk diperhatikan:
- Konsep Bisnis atau Kantor
Mulailah dengan menentukan jenis pekerjaan, siapa saja yang akan bekerja di kantor tersebut dan fasilitas yang ingin dilengkapi.
- Peralatan Kantor
Semakin banyak jumlah pengguna ruang, maka pastikan memilih furnitur yang minimalis dan jangan memiliki ukuran yang terlalu besar dan memiliki volume yang penuh.
- Luas Area Kantor
Ketahui secara jelas berapa luas area kantor mulai dari panjang, lebar hingga tinggi. Pastikan juga posisi jendela, pintu, area tangga hingga ruang toilet.
- Pembagian Departemen
Penting untuk mengatur secara tepat tata letak setiap departemen dalam satu ruangan. Posisikan departemen yang sejenis dalam jarak dekat untuk mempermudah komunikasi.
Setelah memperhatikan faktor di atas, ini dia beberapa konsep dasar desain atau tata letak area kantor yang bisa jadi pilihan Anda dengan pertimbangan sesuai kebutuhan.
- KONSEP KUBIKAL
Konsep ini merupakan konsep yang cukup konvensional dan sudah banyak diaplikasikan dalam waktu yang cukup lama. Salah satu ciri utamanya adalah pembentukkan kubik dalam area kerja yang dibatasi dengan papan atau kubikal yang tinggi. Hal ini memberikan area pribadi kepada setiap karyawan di mana satu kotak area untuk penggunaan satu orang saja. Konsep ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan sebagai berikut.
Kelebihan:
- Privasi yang terjaga antara setiap karyawan dengan kubik yang mengelilingi area kerja
- Lebih fokus dan mudah berkonsentrasi bekerja tanpa terganggu dengan aktivitas karyawan lainnya
- Pembedaan ruang juga membuat hirarki dalam sistem departemen lebih jelas
Kekurangan:
- Memakan banyak ruang karena kubikal membutuhkan area tambahan di setiap batasan area kerja
- Sulit berkomunikasi dengan keadaan tertutup antara satu karyawan dengan karyawan lainnya maupun antar departemen
- Tidak bisa diawasi secara leluasa karena adanya pembatas pada setiap area kerja
(Baca juga: Pacu Semangat Bekerja dengan 4 Kursi Rancangan Desainer Ini)
- KONSEP TERBUKA
Berbeda dengan konsep kubikal yang tertutup, konsep ruang kantor terbuka justru sedang naik daun dan banyak dipraktekkan dalam sistem ruang kerja saat ini. Konsep ini tentunya lebih modern dan bertujuan untuk menyatukan beberapa departemen yang sangat beragam. Biasanya pemisah hanya digunakan untuk membagi area kerja, ruang rapat atau pantry. Perhatikan kelebihan dan kekurangan dari ruang kerja terbuka di bawah ini.
Kelebihan:
- Pengawasan kepada produktivitas kerja dapat lebih dilakukan secara fleksibel
- Ruang terbuka ditandai dengan satu meja besar yang digunakan secara bersama tanpa batasan sehingga menghemat area ruangan
- Proses koordinasi dengan bagian atau departemen lain menjadi lebih mudah dan cepat
- Mudah untuk memberikan desain interior baru yang bisa menggunakan pertukaran dekorasi dinding atau tembok
Kekurangan:
- Area menjadi sangat terbuka dan intensitas komunikasi dengan anggota lain semakin tinggi sehingga privasi menjadi rendah
- Biasanya jadi sulit berkonsentrasi karena diisi dengan banyak karyawan yang saat berbicara atau beraktivitas sangat terdengar dan terlihat
- Keamanan barang pribadi menjadi lebih rendah dan perlu pengawasan ekstra
- Semakin banyak orang dalam satu ruangan juga berpotensi dengan nuansa yang terlalu berisik
(Baca juga:Informa Custom Furniture, Solusi Bisnis Sesuai Budget dan Gaya)
- KONSEP GABUNGAN
Selain dua konsep di atas yang dapat diaplikasikan sendiri-sendiri, keduanya juga bisa dikombinasikan dengan catatan digunakan sesuai fungsi ruang yang ingin dibangun. Misalnya saja area bekerja seluruh departemen dibuat dengan konsep terbuka namun untuk ruang rapat dibuat dengan konsep tertutup agar lebih fokus.
(Baca juga: Jangan Salah Pilih Furnitur untuk Memulai Bisnis Anda. Ini Dia Pilihan Terlengkap di Informa)
Itulah beberapa inspirasi penataan ruang kantor yang tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan kantor yang ingin diciptakan. Ketiganya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat menjadi pertimbangan Anda. Temukan inspirasi lainnya seputar tata ruang dan desain kantor Anda hanya di Informa dan nikmati promo spesial Informa Your Business Start Here hingga 22 Oktober 2019 atau belanja sekarang di Informa Online.